Pengetahuan Tentang Perjanjian Sewa Mobil

Kebutuhan Masyarakat Akan Jasa Sewa Mobil
March 11, 2019
Tips Memilih Jasa Penyewaan Mobil Terpercaya
March 18, 2019

Pengetahuan Tentang Perjanjian Sewa Mobil

Perjanjian sewa mobil adalah kesepakatan sah tertulis antara dua pihak yang terlibat dalam suatu perjanjian sewa mobil, yaitu berupa surat perjanjian sewa yang berisi perjanjian terkait sewa menyewa. Perjanjian sewa mobil ini sangat penting dibuat dalam suatu kesepakatan.

Sewa-menyewa barang itu sendiri adalah adalah suatu penyerahan barang oleh pemilik kepada orang lain untuk dapat memungut hasil dari barang sewaan itu dengan syarat pembayaran uang sewa oleh pemakai kepada pemilik dan sebagai pengikat kesepakatan penyewaan dibuatlah surat perjanjian sewa, dalam hal ini surat perjanjian sewa mobil.

Surat perjanjian sewa mobil sebaiknya dibuat walaupun anda adalah pemilik penyewaan mobil perorangan, tidak ada salahnya untuk membuat surat perjanjian sewa mobil seperti perusahaan sewa mobil profesional.

Apapun bentuknya sewa menyewa pribadi atau usaha, begitu juga dalam hal ini sewa mobil, sebaiknya anda menggunakan surat perjanjian sewa mobil yang mengikat kedua belah pihak, penyewa dengan yang menyewakan.

Jadi jika anda memiliki mobil pribadi yang ingin disewakan kepada tetangga atau kerabat yang membutuhkan. Atau anda ingin menyewa mobil tetangga atau kerabat anda. Tentunya anda membutuhkan surat perjanjian sewa mobil. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.

#Fungsi surat perjanjian sewa mobil :

  1. Menciptakan rasa tenang bagi pihak-pihak yang berjanji karena ada kepastian di dalam surat perjanjian, dalam hal ini ketika terjadi kesepakatan perjanjian sewa mobil.
  2. Mengetahui dengan jelas batas hak dan kewajiban pihak yang bersepakat dalam perjanjian sewa mobil tersebut.
  3. Surat perjanjian sewa mobil tersebut juga menghindari perselisihan yang mungkin timbul di masa depan.
  4. Sebagai acuan dalam menyelesaikan perselisihan atau perkara yang mungkin timbul akibat suatu perjanjian sewa mobil yang telah dibuat tersebut.
  5. Selain itu surat perjanjian sewa mobil dalam hal ini, berfungsi sebagai bukti otentik bahwa pihak-pihak tertentu telah melakukan perjanjian atau kesepakatan.
  6. Surat perjanjian sewa mobil juga akan menjadi dasar dalam melaksanakan hal-hal yang telah disepakati oleh pihak-pihak yang membuat perjanjian.
  7. Surat perjanjian sewa mobil dibuat agar mengikat kedua pihak dan mempunyai landasan hukum yang sama kuat.
  8. Surat perjanjian sewa mobil dibuat dan dapat dijadikan acuan ketika menggugat seseorang yang melanggar kesepakatan yang telah dibuat di dalam surat perjanjian tersebut.

#Dasar-dasar acuan surat perjanjian sewa mobil secara garis besar :

  1. Identitas diri kedua belah pihak. Poin pertama adalah menyebutkan identitas diri kedua belah pihak yang melakukan transaksi atau perjanjian sewa mobil. Identitas diri ini kurang lebih berisi nama lengkap, alamat, nomor KTP, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.
  1. Deskripsi objek yang di sewakan. Yang dimaksud deskripsi objek dalam perjanjian sewa mobil di sini adalah segala hal yang berkaitan dengan objek (mobil) yang disewakan. Mulai dari jenis kendaraan, tahun pembuatan, nomor polisi, warna, hingga kondisi kendaraan (mobil) tersebut.
  1. Jangka waktu sewa. Poin selanjutnya adalah mengenai jangka waktu penyewaan mobil. Sebutkan secara jelas jangka waktu penyewaan mobil sehingga tidak perlu ada perdebatan kapan mobil mulai disewakan dan kapan mobil harus dikembalikan.Semua di tulis dalam perjanjian sewa mobil tersebut.
  1. Biaya sewa. Selanjutnya membahas mengenai biaya sewa mobil tersebut secara jelas dan detail juga di tulis dalam surat perjanjian sewa mobil
  1. Pasal-pasal kesepakatan penyewaan. Poin terakhir yang tak kalah pentingnya adalah mengenai pasal-pasal atau aturan-aturan terkait dalam perjanjian sewa mobil. Apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh kedua belah pihak. Hak-hak dan kewajiban kedua belah pihak harus dicantumkan pada bagian ini dan peraturan ini wajib dipatuhi oleh kedua belah pihak.
  2. Saksi-saksi. Untuk memperkuat kedudukan urat perjanjian sewa mobil ini dapat dihadirkan pula saksi-saksi jika memang diperlukan.

Demikian artikel mengenai fungsi dan garis besar dibuatnya surat perjanjian sewa mobil.Semoga bermanfaat bagi anda untuk mempermudah anda ketika membuat kesepakatan perjanjian sewa mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!